Rama dewantoro
195120040
Teknologi informasi
PENGERTIAN KOMPUTER : Fungsi, Komponen, Sejarah & Gambar Komputer
Pengertian Komputer – Komputer berasal dari kata Computare yang artinya menghitung. Secara bahasa komputer didefinisikan sebagai alat yang melakukan proses perhitungan aritmatika.
Secara umum, Komputer didefinisikan sebagai seperangkat alat elektronik yang mengubungkan komponen satu dengan yang lainnya sehingga menghasilkan informasi yang sebelumnya telah diolah terlebih dahulu.
Komputer terdiri dari 3 elemen yakni : Hardware (perangkat keras) seperti Processor, Harddisk,RAM,CPU, Motherboard. Software (perangkat lunak) seperti aplikasi- aplikasi dan juga Sistem Operasi yang akan bekerja sesuai perintah yang diberikan oleh Brainware(pengguna).
Pengertian Komputer Menurut Para Ahli
- Komputer adalah alat elektronik yang bekerja secara sistematis dan cermat untuk mengolah berbagai macam data. Seperti data angka, suara dan gambar. (KBBI)
- Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi. (Robert H Blissmer)
- Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi. (V.C Hamacher)
Kesimpulan
- Pengertian Komputer adalah peralatan elektronik yang menerima masukan data, mengolah data dan memberikan hasil keluaran dalam bentuk informasi, baik itu berupa gambar, teks, suara ataupun video.
Fungsi Komputer
Dalam prinsipnya komputer memiliki 4 fungsi dasar, diantaranya
- Data Processing (Pengolahan Data)
- Data Storage (Penyimpanan Data)
- Data Movement (Pemindahan Data)
- Control (Pengendalian)
1. Data Processing
Komputer digunakan untuk pengolahan data sehingga dapat menghasilkan output berupa suatu Informasi. Data yang diolah umumnya data berupa dokumen, teks, suara, kata, objek, video, gambar dan grafik.
2. Data Storage
Komputer berfungsi untuk pengamanan dan pemakaian kembali data. komputer dapat melakukan fungsi penyimpanan dan pengambilan data. Misalnya ketika menggunakan Ms. Word kita dapat melakukan penyimpanan (save) data tersebut ke dalam hardisk dan juga dapat mengambil kembali data tersebut (open).
3. Data Movement
Komputer juga dapat melakukan pemindahan data dari satu kemputer ke komputer lain atau alat- alat output lain.
Komponen Komputer
Komputer terdiri dari serangkaian komponen yang dikelompokkan menjadi tiga macam unit. Yaitu unit pemasukan (Input), unit pemrosesan (Process), dan unit pengeluaran (Output).
1. Komponen INPUT
Komponen input adalah komponen hardware yang berfungsi sebagai pintu masuk tugas- tugas yang akan diberikan pada komputer. Contohnya adalah:
- Keyboard. Keyboard merupakan komponen yang berfungsi memberikan masukan berupa data alfanumerik dan interpretasi ASCII lainnya. Pada keyboard terdapat huruf A-Z, angka 0 hingga 9, dan perintah-perintah lainnya.
- Mouse. penghubung antara layar monitor dengan pengguna atau user. Dalam pengoperasiannya, mouse terlihat sebagai pointer di layar monitor.
- Trackpad. Fungsinya sama dengan mouse, hanya berbeda pada bentuknya saja.
- Pen. Hanya ada ketika layar yang digunakan merupakan layar sentuh. Fungsinya seperti mouse. Untuk memberi perintah cukup menekankan ujung pen pada layar.
- Microphone.Komponen yang memberikan masukan dalam bentuk suara
- Scanner. Untuk memindai gambar yang akan dimasukkan dalam sistem komputer menjadi file digital,
2. Komponen Proses
Komponen proses adalah komponen yang fungsinya memproses perintah yang diberikan oleh user untuk kemudia ditampilkan pada komponen output.
- Prosesor. Komponen utama untuk pemrosesan data
- Motherboard. Komponen yang menjadi tempat semua komponen berhubungan. Seperti huubungan antara komponen INPUT, PROSES, dan OUTPUT.
- Hard Disk. Untuk menyimpan semua intrpretasi yang diperlukan oleh komputer yang sifatnya permanen. Seperti dan sistem operasi komputer.
- Memori (RAM). untuk menyimpan segala aktivitas komputer untuk sementara.
3. Komponen Output
Adalah komponen yang berfungsi sebagai alat untuk menampilkan informasi dari perintah yang telah di proses sebelumnya.
- Monitor.Komponen yang menampilkan proses yang sedang dikerjakan oleh komputer.
- Printer. Untuk mencetak data kedalam bentuk hard copy.
- Speaker. Untuk memberikan output berupa audio kepada pengguna.
Sejarah Komputer
Sejarah komputer berkaitan erat dengan perhitungan aritmatika. Jadi pada jaman dahulu, fungsi komputer adalah sebagai alat bantu hitung manusia.
Seorang pakar matematika yang bernama Charles Babbage asal Inggris merupakan orang pertama di dunia yang berani berkirim surat pada para ahli di kerajaan Inggris untuk mengembangkan alat hitung mekanik yakni komputer.
Pemikiran tersebut dia tuangkan secara tersurat di dalam surat yang berjudul Catatan Tentang Penggunaan Mesin pada Penghitungan Astronomi dan Tabel Matematika. Surat tersebut dia kirimkan pada tangga 14 Juni 1822.
Ide Charles tersebut dilatarbelakangi oleh persoalan seringnya orang-orang pada masa itu melakukan kesalahan hitung meskipun telah menggunakan tabel matematika. Sehingga dia ingin mengembangkan mesin hitung secara mekanik yang terinspirasi dari perkembangan mesin hitung yang dikerjakan oleh Wilhelm Schickard, Blaise Pascal, dan Gottfried Leibniz.
Sejak Charles terus berupaya mengembangkan mesin komputer agar dapat di program oleh manusia, namun tidak selesai. Kemudian mesin itu dilanjutkan oleh anaknya. Salah satu bagian dari mesin differensial yang dirakit oleh putranya kini dapat dilihat di Museum Sains London.
Selain putranya yang turut merakit, ide tersebut dikembangkan oleh berbagai pihak sampai menjadi komputer canggih yang kita kenal saat ini.
Perkembangan Komputer
Perkembangan komputer terbagi menjadi lima kelompok angkatan. Tiap kelompok angkatan ditentukan oleh komponen utama komputer. Setiap kelompok angkatan menghasilkan komputer yang ukurannya lebih kecil, simpel, harga terjangkau, dan tahan banting.
Sebab diiringi dengan penemuan-penemuan komponen elektronik baru yang membuat wujud komputer semakin ringkas.
Komputer saat ini dapat memproses gambar, suara, teks, dan bentuk non-numerik data lainnya. Hal penting dari komputer, yaitu semua proses gambar, suara, teks dan lain sebagainya merupakan wujud lain dari perhitungan numerik dasar.
Sedangkan yang diolah oleh mesin komputer adalah angka-angka saja, yaitu angka 1 dan angka 0. Angka tersebut membentuk kombinasi kode (disebut kode biner) yang mewakili listrik aktif dan nonaktif. Untuk mengetahui bagaimana perkembangan komputer dari masa ke masa, mari simak uraiannya dibawah ini.
Komputer Kelompok Angkatan Pertama
Komputer kelompok angkatan pertama ini berkembang dari tahun 1940 hingga 1959. Komputer kelompok angkatan pertama bernama ENIAC. Kepanjangannya Electronic Numerical Integrator and Computer yang dikembangkan oleh angkatan darat Amerika Serikat untuk kepentingan menghitung tabel tembakan senjata di Laboratorium Persenjataan.
ENIAC dirancang dan dikembangkan oleh dua orang professor asal Universitas Pennsylvania, Amerika Serikat. Yaitu Prof. John Presper Eckert dan John W. Mauchly. Selanjutnya mesin tersebut diluncurkan pada 15 Februari 1946.
ENIAC menggunakan 17.468 tabung vakum, 7.200 diode Kristal, 1.500 pemancar, 70 ribu resistor, 10.000 kapasitor, dan sekitar 5 juta sambungan yang disolder dengan tangan.
Tabung vakum menghasilkan panas yang berlebih, sehingga kurang efesien dan efektif. Bisa dibayangkan bagaimana panasnya berada di dekat ENIAC ya? Selain itu juga membutuhkan jumlah asupan listrik yang sangat besar untuk pengoperasiannya.
Beratnya 27 ton dan ukurannya 2,4 m x 0,9 m x 30 m. Luas ruangan yang dipakai oleh ENIAC sekitar 167 m2 dan daya listrik yang dipakai sebesar 160kW. Luar biasa besar bukan? Bandingkan dengan mesin komputer atau bahkan laptop yang banyak beredar seperti sekarang ini.
Tentu sangat jauh sekali ukurannya. Kemampuan ENIAC saat itu hanya terbatas pada memecahkan satu masalah dalam satu waktu dan menggunakan bahasa yang hanya bisa dimengerti oleh mesin komputer.
Input dimasukan dengan cara membuat lubang-lubang pada kartu (punched cards) diatas pita kertas. Hasilnya berupa print out.
Komputer Kelompok Angkatan Kedua
Kelompok angkatan kedua berkembang pada era 1959 sampai 1965. Dimana pada masa tersebut muncul transistor sebagai pengganti komponen tabung vakum pada komputer kelompok angkatan pertama.
Transistor adalah alat semikonduktor yang berperan sebagai penyambung dan pemutus arus listrik. Ukuran transistor lebih kecil dan panas yang dihasilkan lebih sedikit daripada tabung vakum. Sehingga, transistor mampu membuat ukuran komputer menjadi lebih kecil dibandingkan sebelumnya.
Bahasa pemrograman pada era ini semakin berkembang. Bahasa mesin dari kartu berlubang beralih ke bahasa simbol. Programmer dapat memberikan instruksi dengan kata-kata bukan lagi dengan symbol titik-titik hitam.
Beberapa bahasa pemrogramaman yang berkembang saat itu ada “Common Business- Oriented Translator" (CBOL) dan “Formula Translator" atau FORTRAN. Perubahan ini membuat kerja komputer menjadi lebih baik lagi dari angkatan sebelumnya.
Komputer Kelompok Angkatan Ketiga
Komputer kelompok angkatan ketiga terjadi pada tahun 1965 hingga 1971. Ditandai dengan ditemukan dan digunakannya Integrated Circuit (IC) sebagai ganti transistor oleh insinyur listrik asal Texas yang bernama Jack Kilby. Transistor pada masa ini dikembangkan dan dibuat menjadi lebih kecil sehingga bisa dipasang bersama dengan komponen lainnya pada IC.
Sehingga satu IC terdiri dari beberapa transistor, kapasitor, dan resistor. Temuan Jack membuat komputer bekerja lebih efisien dan lebih cepat lagi dari komputer kelompok angkatan sebelumnya. Selain itu sistem operasi juga mulai ditemukan dan dikembangkan pada masa tersebut.
Sehingga komputer bisa melakukan beberapa tugas dalam waktu bersamanaan. Komputer pada masa tersebut juga komputer pertama yang mampu berhubungan dengan hardware lainnya seperti keyboard. Contoh komputer kelompok angkatan ketiga anatara lain IBM/30, UNIVAC 9000, UNIVAC 1108 dan GE 600.
Komputer Kelompok Angkatan Keempat
Inovasi selanjutnya setelah ditemukannya IC yaitu hadirnya produk Large Scale Integration atau LSI. Jadi LSI merupakan gabungan atau penyatuan beribu-ribu IC pada satu kepingan yang disebut dengan CHIP. Adanya pemadatan beribu IC ke dalam CHIP membuat ukuran komputer semakin mengecil dan semakin sering digunakan oleh masyarakat umum. Bukan hanya untuk urusan bisnis saja, namun berkembang untuk bidang pendidikan, dan lain sebagainya.
Perkembangan komputer kelompok angkatan keempat tidak lepas dari perusahaan Intel. Karena, perusahaan tersebut yang membuat CHIP pertama yang diluncurkan pada 1971. Hal ini menjadi tahap awal perkembangan mesin utama komputer yang dulunya sebesar satu ruangan menjadi segenggam tangan.
Pengguna komputer pada kelompok angkatan mulai berkembang luas. Tidak hanya kaum elit dan pebisnis saja, melainkan masyarakat umum sudah banyak memiliki komputer. Hangga akhirnya muncul jaringan komputer untuk kelompok bisnis yang awalnya bertujuan agar semakin cepat tukar menukar informasi antar kelompok bisnis. Maka lahirlah internet. Perkembangan besar lainnya yang ditemukan pada kelompok angkatan ini adalah muculnya komputer jinjing atau laptop yang bisa dibawa kemanapun Anda pergi. Semua jenis laptop dan komputer saat ini menjadi produk komputer kelompok angkatan keempat.
Komputer Kelompok Angkatan Kelima
Komputer kelompok angkatan kelima merupakan komputer yang memiliki teknologi seperti kecerdasan buatan. Saat ini tengah diteliti dan dikembangkan terus-menerus. Negara yang paling getol meneliti dan memikirkan kecerdasan buatan adalah Jepang. Bahkan mereka memiliki laboratorium dan lembaga khusus untuk menciptakan komputer kelompok angkatan kelima.
Kemampuan yang diharapkan dimiliki oleh komputer kelompok angkatan kelima yaitu kemampuan untuk berinteraksi dengan manusia dengan masukan visual, merespon kata yang kita ucapkan dan bisa menyesuaikan dengan kondisi yang ada di sekitarnya.
Pengertian Hardware Dan Software
Hardware
Hardware/Perangkat keras adalah sebuah alat/benda yang kita bisa lihat, sentuh, pegang dan memiliki fungsi tertentu. Secara fisik ada wujudnya. Ada bentuknya.
A. Perangkat Hardware terdiri atas 3 jenis, yaitu:
1. Perangkat masukan (Input device)
Perangkat masukan berfungsi untuk memasukkan data, baik berupa teks, foto, maupun gambar ke dalam komputer.Contoh perangkat input misalnya keyboard, mouse, light-pen, scanner, dan sebagainya.
2. perangkat keluaran (Output device)
perangkat keluaran dipergunakan untuk menampung dan menghasilkan data yang dikeluarkan, misalnya monitor dan printer.
3. Perangkat pengolah data (Processor)
Perangkat pengolah data dipergunakan untuk mengolah data.Pengolah data meliputi unit pengolah pusat (CPU/Central Processing Unit) dan juga mikroproseso
B. Berikut Macam-macam Perangkat Keras (Hardware)
1. CPU (Central Processing Unit)
Merupakan alat yang berfungsi sebagai pemroses data.CPU berisi rangkaian sirkuit yang menyimpan instruksi-instruksi pemrosesan dan penyimpanan data.
2. Monitor
Merupakan alat yang mampu menampilkan teks maupun gambar dari data yang sedangdiproses dalam CPU.
3. Keyboard
Keyboard merupakan alat untuk memasukkan data maupun perintah ke CPU, biasanyaterdiri atas rangkaian huruf, angka, dan tombol fungsi lainnya.
4. Mouse
Mouse merupakan alat bantu untuk memberikan perintah dalam memproses dataatau mengedit data.
5. Printer
Printer merupakan alat yang memproduksi keluaran data (output) berbentuk cetak,berupa teks maupun gambar/grafik.
6. CD ROM
Alat tambahan (alat peripheral) yang mampu menyimpan dan menuliskan data danprogram melalui media CD (Compact Disk).Alat ini didesain mampu menuliskan danmembaca data atau program melalui sistem optik.
7. Compact Disk (CD)
Media penyimpanan yang terbuat dari bahan plastik.
Proses penyimpanan danpembacaan data menggunakan sistem optik.
8. Floppy Disk
Floppy disk merupakan alat tambahan untuk menyimpan atau menuliskan ke dalamdisket maupun sebaliknya, ukuran yang umum digunakan adalah ukuran 3,5 inchi.
9. Hardddisk (External)
Harddisk merupakan alat tambahan untuk menyimpan data dalam kapasitas besar yang dilapisi secara magnetis, saat ini perkembangan harddisk sangat cepat daridaya tampung dan kecepatan membaca data.Perlu kalian ketahui saat ini harddiskmemang mutlak ada dalam setiap computer atau laptop sebagai penyimpan sistemoperasi yang permanen.
10. Scanner
Scanner merupakan alat Bantu untuk memasukkan data berupa gambar atau grafikdan mengubahnya ke dalam bentuk digital sehingga dapat diproses dan digabungkandengan bentuk data yang berupa teks.
Hardware/Perangkat keras adalah sebuah alat/benda yang kita bisa lihat, sentuh, pegang dan memiliki fungsi tertentu. Secara fisik ada wujudnya. Ada bentuknya.
A. Perangkat Hardware terdiri atas 3 jenis, yaitu:
1. Perangkat masukan (Input device)
Perangkat masukan berfungsi untuk memasukkan data, baik berupa teks, foto, maupun gambar ke dalam komputer.Contoh perangkat input misalnya keyboard, mouse, light-pen, scanner, dan sebagainya.
2. perangkat keluaran (Output device)
perangkat keluaran dipergunakan untuk menampung dan menghasilkan data yang dikeluarkan, misalnya monitor dan printer.
3. Perangkat pengolah data (Processor)
Perangkat pengolah data dipergunakan untuk mengolah data.Pengolah data meliputi unit pengolah pusat (CPU/Central Processing Unit) dan juga mikroproseso
B. Berikut Macam-macam Perangkat Keras (Hardware)
1. CPU (Central Processing Unit)
Merupakan alat yang berfungsi sebagai pemroses data.CPU berisi rangkaian sirkuit yang menyimpan instruksi-instruksi pemrosesan dan penyimpanan data.
2. Monitor
Merupakan alat yang mampu menampilkan teks maupun gambar dari data yang sedangdiproses dalam CPU.
3. Keyboard
Keyboard merupakan alat untuk memasukkan data maupun perintah ke CPU, biasanyaterdiri atas rangkaian huruf, angka, dan tombol fungsi lainnya.
4. Mouse
Mouse merupakan alat bantu untuk memberikan perintah dalam memproses dataatau mengedit data.
5. Printer
Printer merupakan alat yang memproduksi keluaran data (output) berbentuk cetak,berupa teks maupun gambar/grafik.
6. CD ROM
Alat tambahan (alat peripheral) yang mampu menyimpan dan menuliskan data danprogram melalui media CD (Compact Disk).Alat ini didesain mampu menuliskan danmembaca data atau program melalui sistem optik.
7. Compact Disk (CD)
Media penyimpanan yang terbuat dari bahan plastik.
Proses penyimpanan danpembacaan data menggunakan sistem optik.
8. Floppy Disk
Floppy disk merupakan alat tambahan untuk menyimpan atau menuliskan ke dalamdisket maupun sebaliknya, ukuran yang umum digunakan adalah ukuran 3,5 inchi.
9. Hardddisk (External)
Harddisk merupakan alat tambahan untuk menyimpan data dalam kapasitas besar yang dilapisi secara magnetis, saat ini perkembangan harddisk sangat cepat daridaya tampung dan kecepatan membaca data.Perlu kalian ketahui saat ini harddiskmemang mutlak ada dalam setiap computer atau laptop sebagai penyimpan sistemoperasi yang permanen.
10. Scanner
Scanner merupakan alat Bantu untuk memasukkan data berupa gambar atau grafikdan mengubahnya ke dalam bentuk digital sehingga dapat diproses dan digabungkandengan bentuk data yang berupa teks.
11. Touchpad
Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball,Touch Pad,Touch Pad Track Ball
12. Light Pen
Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
13. Joy Stick dan Games Paddle
Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.
14. Barcode
Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.
SOFTWARE
Software atau parangkat lunak adalah program komputer yang merupakan suatuinstruksi yang harus diberikan kepada unit pengolah agar komputer dapatmenjalankan pekerjaan sesuai dengan yang dikehendaki.Program tersebut ditulisdalam bahasa khusus yang dimengerti oleh mesin.Perangkat lunak dalampenggunaannya dapat diklasifikasikan menjadi 5 macam, Yaitu:
1. Sistem operasi (Operasi system)
2. Program Utilitas (utilities Program)
3. Program Aplikasi (Aplikasi Program)
4. Program paket (Package Program)
5. Bahana pemprograman (Programming Language)
Software atau parangkat lunak adalah program komputer yang merupakan suatuinstruksi yang harus diberikan kepada unit pengolah agar komputer dapatmenjalankan pekerjaan sesuai dengan yang dikehendaki.Program tersebut ditulisdalam bahasa khusus yang dimengerti oleh mesin.Perangkat lunak dalampenggunaannya dapat diklasifikasikan menjadi 5 macam, Yaitu:
1. Sistem operasi (Operasi system)
2. Program Utilitas (utilities Program)
3. Program Aplikasi (Aplikasi Program)
4. Program paket (Package Program)
5. Bahana pemprograman (Programming Language)
Ada beberapa jenis perangkat lunak, antara lain:
1. Software system
Perangkat lunak system dibagi dalam 3 bagian:
a. Sistem operasi
Perangkat sistem operasi merupakan bagian terpenting di dalam menjalankan suatuperangkat komputer. Sistem operasi merupakan perangkat lunak yang menjembataniantara pengguna dan perangkat keras. Ada beberapa jenis sistem operasi diantaranya Windows, DOS, Linux, dan lain sebagainya. Saat ini untuk komputer jenis PC banyak menggunakan sistem operasi Windows
b. Program Bantu (utility)
Merupakan suatu program yang berfungsi untuk membantu sistem operasi seperti yang dijelaskan di atas,seperti:anti virus, defragmenter, format disket,periksasistem, dan sebagainya.
c. Bahasa Pemrograman
Merupakan suatu aplikasi yang berguna mengonversi perhitungan yang bersifatmatematis menjadi suatu aplikasi.Sebagai contoh bahasa pemrograman bahasaBASIC, COBOL. C++ dan sebagainya.
2. Perangkat lunak aplikasi
Merupakan perangkat yang berfungsi untuk melakukan berbagai bentuk tugasperkantoran seperti pengolah kata, lembar kerja, presentasi, pengolahan halamanweb, hingga perangkat media player,dan sebagainya. Hal ini sudah berkembang sejaksistem operasi tersebut dikembangkan.
Software Aplikasi dapat dikelompokkan dalam beberapa bagian, yaitu:
a. Pengolahan kata (word Processor)
Berfungsi untuk melakukan pengolahan kata,yaitu pekerjaan yang berhubungandengan naskah dan berbagai macam administrasi surat-menyurat.
Contoh: Wordstar,Microsoft Word, Amipro, Word Perfect.
b. Pengolah Angka (Spread Sheet)
Berfungsi untuk melakukan pekerjaan yang banyak berhubungan dengan angka-angka,seperti penggunaan perhitungan, laporan keuangan, dan grafik.
Contoh:Lotus 123,Quatro Pro, Microsoft Excel, Symphony, Super Calc.
c. Pengolah data (Data base)
Berfungsi untuk melakukan pengolahan data.Data tersebut dapat berupa angka, kataatau gabungan angka dan kata.
Contoh:dBase, Fox Base, Fox Pro, Clipper, MicrosoftAccess, Visual Fox Pro, Paradox dan lain sebagainya.
d. Multimedia
Contoh aplikasi multimedia adalah Winamp, Audio Pro untuk memutar musikberformat MP3 atau CD Audio.Kemudian RealPlayer, Xing, atau Jet Audio yang dapatdigunakan untuk menonton film atau VCD.
e. Komunikasi dan Internet
Untuk melakukan komunikasi antar computer antara dua computer ataulebih,contohnya adalah Lap Link, PC Anywhere, Procom Plus.Aplikasi internet yangumum digunakan adalah untuk browsing, e-mail, chatting dan messengerseperti:Internet Explorer, Opera, MIRC, ICQ, dan lain-lain.
f. Pendidikan dan Game
Software untuk membantu memahami sesuatu pelajaran banyak dikemas dalambentuk game dengan tujuan agar tidak membosankan, contohnya adalah:PC Globe,Bodyworks, Science Adventure, Reader Rabbit, dan lain-lain.
g. Perancangan Gambar
Aplikasi yang bersifat khusus di antaranya untuk membantu pekerjaan Engineerseperti AutoCAD (gambar struktur), Protel (gambar rangkaian elektronik), Matlab(pemroses dan visualisasi persamaan matematis), Photos Shop (mengolah gambar),dan Flash (untuk membuat halaman WEB), dan lainnya.
1. Software system
Perangkat lunak system dibagi dalam 3 bagian:
a. Sistem operasi
Perangkat sistem operasi merupakan bagian terpenting di dalam menjalankan suatuperangkat komputer. Sistem operasi merupakan perangkat lunak yang menjembataniantara pengguna dan perangkat keras. Ada beberapa jenis sistem operasi diantaranya Windows, DOS, Linux, dan lain sebagainya. Saat ini untuk komputer jenis PC banyak menggunakan sistem operasi Windows
b. Program Bantu (utility)
Merupakan suatu program yang berfungsi untuk membantu sistem operasi seperti yang dijelaskan di atas,seperti:anti virus, defragmenter, format disket,periksasistem, dan sebagainya.
c. Bahasa Pemrograman
Merupakan suatu aplikasi yang berguna mengonversi perhitungan yang bersifatmatematis menjadi suatu aplikasi.Sebagai contoh bahasa pemrograman bahasaBASIC, COBOL. C++ dan sebagainya.
2. Perangkat lunak aplikasi
Merupakan perangkat yang berfungsi untuk melakukan berbagai bentuk tugasperkantoran seperti pengolah kata, lembar kerja, presentasi, pengolahan halamanweb, hingga perangkat media player,dan sebagainya. Hal ini sudah berkembang sejaksistem operasi tersebut dikembangkan.
Software Aplikasi dapat dikelompokkan dalam beberapa bagian, yaitu:
a. Pengolahan kata (word Processor)
Berfungsi untuk melakukan pengolahan kata,yaitu pekerjaan yang berhubungandengan naskah dan berbagai macam administrasi surat-menyurat.
Contoh: Wordstar,Microsoft Word, Amipro, Word Perfect.
b. Pengolah Angka (Spread Sheet)
Berfungsi untuk melakukan pekerjaan yang banyak berhubungan dengan angka-angka,seperti penggunaan perhitungan, laporan keuangan, dan grafik.
Contoh:Lotus 123,Quatro Pro, Microsoft Excel, Symphony, Super Calc.
c. Pengolah data (Data base)
Berfungsi untuk melakukan pengolahan data.Data tersebut dapat berupa angka, kataatau gabungan angka dan kata.
Contoh:dBase, Fox Base, Fox Pro, Clipper, MicrosoftAccess, Visual Fox Pro, Paradox dan lain sebagainya.
d. Multimedia
Contoh aplikasi multimedia adalah Winamp, Audio Pro untuk memutar musikberformat MP3 atau CD Audio.Kemudian RealPlayer, Xing, atau Jet Audio yang dapatdigunakan untuk menonton film atau VCD.
e. Komunikasi dan Internet
Untuk melakukan komunikasi antar computer antara dua computer ataulebih,contohnya adalah Lap Link, PC Anywhere, Procom Plus.Aplikasi internet yangumum digunakan adalah untuk browsing, e-mail, chatting dan messengerseperti:Internet Explorer, Opera, MIRC, ICQ, dan lain-lain.
f. Pendidikan dan Game
Software untuk membantu memahami sesuatu pelajaran banyak dikemas dalambentuk game dengan tujuan agar tidak membosankan, contohnya adalah:PC Globe,Bodyworks, Science Adventure, Reader Rabbit, dan lain-lain.
g. Perancangan Gambar
Aplikasi yang bersifat khusus di antaranya untuk membantu pekerjaan Engineerseperti AutoCAD (gambar struktur), Protel (gambar rangkaian elektronik), Matlab(pemroses dan visualisasi persamaan matematis), Photos Shop (mengolah gambar),dan Flash (untuk membuat halaman WEB), dan lainnya.
h. Anti Virus
Software untuk membasmi virus dari perangkat penyimpan computer, contoh:Mc Afee, Norton Anti Virus, Panda, dan lainnya.Virus adalah software yang dibuat untuk merusak data atau program computer, contohnya adalah:PC Brain,Hackers, My Heart, Pepsin,Bagle, MyDoom dan lainnya.
UKURAN UNIT DATA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar